MAPPI – Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Mappi Tahun 2022 resmi dibuka oleh Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu, bertempat di Gedung Qhaindau Uri Jl. Bawape Kepi, Sabtu (17/04/2021).

Pembukaan ditandai dengan pemukulan tifa oleh Bupati Mappi. Musrenbang tahun ini dilaksanakan selama 1 hari, yang mengangkat tema “Penguatan Pemberdayaan Distrik Dan Kampung Serta Penanganan Covid-19 Dan Pemulihan Dampak Sosial Ekonomi”.

Dihadiri oleh Ketua dan Anggota DPRD Kabupaten Mappi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi, Kapolres Mappi, Perwira Penghubung Kodim 1707/Merauke di Kepi, Kepala Instansi Vertikal, para Pimpinan OPD di lingkup Pemda Mappi, para Pejabat Eselon III dan IV, serta para Kepala Distrik.

Pelaksanaan Musrenbang dimaksudkan untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dalam rangka penyusunan RKPD Kabupaten Mappi Tahun 2022. Melalui forum ini diharapkan dapat menyepakati beberapa hal seperti menyepakati isu strategis permasalahan pembangunan, menyepakati tema pembangunan, dan menyepakati prioritas pembangunan.

Bupati Mappi dalam sambutannya mengatakan kegiatan Musrenbang RKPD adalah bagian dari agenda tahunan yang selalu dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan APBD, dengan menghimpun seluruh saran dan masukan untuk kepentingan pelaksanaan pembangunan Kabupaten Mappi secara terpadu, terintegrasi, dan berkelanjutan.

“Tetap fokus pada kegiatan yang orientasi kebutuhannya benar-benar sesuai dengan kepentingan pelayanan kepada masyarakat”, tegasnya.

Walaupun pelaksanaan kegiatan belum sepenuhnya sempurna, banyak kegiatan yang belum sesuai dengan harapan, tetapi kita harus menyelesaikan target-target untuk memenuhi kebutuhan pelayanan kepada masyarakat. 

Dokumen yang disusun harus sinkron, baik dari pusat, provinsi, maupun kabupaten. Seluruh proses pemilihan program kegiatan, tema yang ditawarkan, dan tahapan-tahapan pelaksanaan harus sesuai dengan kebutuhan dan harus disinkronkan dengan kepentingan negara, provinsi, dan kabupaten. 

“Pilihan program dan kegiatan harus tepat dan berorientasi kepada kebutuhan daerah dan kebutuhan masyarakat dalam skala yang lebih besar”, tambahnya.

Tema yang ditawarkan kepada pusat adalah percepatan pembangunan Kabupaten Mappi secara terpadu, terintegrasi, dan berkelanjutan dengan sejumlah program kegiatan dengan potret yang sangat lengkap mencakup seluruh kepentingan pelaksanaan tugas, fungsi, dan penjabaran kegiatan melalui SKPD yang meliputi semua aspek pembangunan Mappi.

Kristosimus Yohanes Agawemu juga berharap semoga proses ini dapat memberikan manfaat yang lebih kepada masyarakat dan kepentingan pemerintahan untuk membawa Mappi sejajar dengan kabupaten lain. Dengan adanya Musrenbang ini, diharapkan semakin memperkuat teman-teman di Bappeda untuk lebih konsisten dalam memandu semua SKPD dengan lebih baik dalam hal desain perencanaan.

“Selamat melaksanakan Musrenbang, semoga apa yang dihasilkan dalam seluruh rangkaian diskusi, masukan, saran, dan evaluasi akan memperbaiki kinerja sehingga membawa daerah ini lebih maju ke depan sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan kesejajaran Kabupaten Mappi dengan kabupaten lain di Indonesia”, ujarnya mengakhiri sambutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *