MAPPI – (09/04/2021) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mappi menggelar Rapat Paripurna Masa Sidang II dalam rangka Pembahasan dan Penetapan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Kabupaten Mappi dan Raperda Non APBD Tahun Anggaran 2021, bertempat di Gedung Qhaindau Uri Jl. Bawape Kepi.

Rapat dihadiri oleh Bupati Mappi, Wakil Bupati Mappi, Kapolres Mappi, Perwira Penghubung Kodim 1707/Merauke di Kepi, Sekretaris Daerah Kabupaten Mappi, Pimpinan dan  Anggota Fraksi-Fraksi DPRD Kabupaten Mappi, Danramil Obaa, para Kepala OPD, Danki Brimob, Danki Raider 753 AVT, para Kepala Instansi Vertikal Kabupaten Mappi, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mappi, Ketua Dharma Wanita, Ketua Bhayangkari, serta Ketua Persit Chandra Kirana.

Dalam membuka sambutannya, Ketua DPRD Kabupaten Mappi Bennydiktus Tori Paliling mengatakan kebijakan yang kami terapkan pada periode Tahun 2017 sampai 2022 adalah peningkatan akuntabilitas perencanaan anggaran yang terorientasi pada capaian kinerja pelaksanaan tugas pokok dan fungsi masing-masing OPD sebagai upaya kami dalam rangka melaksanakan kesejahteraan masyarakat melalui optimalisasi kerja pelayanan pada masyarakat.

Kebijakan tersebut menegaskan bahwa pelaksanaan tugas anggaran belanja daerah harus ditujukan untuk meningkatkan akuntabilitas perencanaan anggaran serta memperjelas efektifitas dan efisien penggunaan anggaran. Sasaran utama ketersediaan belanja daerah adalah terlaksananya tugas pokok dan fungsi dari masing-masing OPD serta efektif menjaga hasil sesuai target kualitatif dan kuantitatif yang direncanakan.

“Berikan manfaat dan nilai tambah yang setara atau bahkan lebih besar dari anggaran yang dituangkan”, ungkapnya.

Kami percaya Raperda yang diajukan Pemerintah Daerah telah disusun berdasarkan masukan, analisa, akurasi, serta sudah dikaji secara cermat agar hasilnya memihak kepada rakyat dan pelaku ekonomi di daerah ini.

“Atas nama pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Mappi kami mengapresiasi kerja keras Bupati Mappi dan Wakil Bupati Mappi beserta seluruh jajaran dalam menyusun Raperda APBD Tahun Anggaran 2021”, tambahnya.

Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu dalam sambutannya mengatakan bahwa kondisi APBD tahun ini masih terfokus pada pelaksanaan penanganan Covid-19. Selain itu, pelaksanaan kegiatan APBD juga masih difokuskan pada tema-tema dahulu yang disesuaikan dengan rumusan RPJMD Kabupaten Mappi serta kebutuhan-kebutuhan prioritas yang harus segera dituntaskan.

“Fokus kita dari tahun ini sampai tahun 2024 yaitu tentang pengembangan ekonomi yang difokuskan pada pengembangan sagu dan keterpaduan terhadap sektor-sektor lainnya”, ujarnya.

Proses pelaksanaan pembangunan dan kebutuhan anggaran saat ini akan dilaksanakan secara terpadu dalam rangka menunjang kepentingan pengembangan yang dimaksud, dengan tidak mengabaikan beberapa target-target pembangunan secara menyeluruh dan khusus pada sektor infrastruktur yang perlu mendapatkan perhatian karena masih banyak infrastruktur dasar yang belum dipenuhi.

Bupati Mappi menambahkan setiap OPD wajib untuk menetapkan target yang dikerjakan, baik dalam konteks OPD maupun program dan kegiatan. Pada prinsipnya, setiap peningkatan alokasi anggaran yang telah diambil dan dijalankan oleh setiap pengguna anggaran pada OPD harus disertai dengan peningkatan kinerja serta mempunyai implikasi terhadap bidang kesejahteraan masyarakat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *