MAPPI – Pemerintah Kabupaten Mappi melalui Bagian Organisasi Sekretariat Daerah menggelar kegiatan Sosialisasi Evaluasi Jabatan di Aula Pendopo Jl. Okhomkau Kepi, Selasa (04/05/2021). Dihadiri oleh Pejabat Eselon III dan IV di lingkup Pemda Mappi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk mengatur dan menata manajemen ASN Kabupaten Mappi sesuai dengan arahan dan petunjuk dari Pemerintah Pusat yang disebut dengan Reformasi Birokrasi. Reformasi birokrasi merupakan agenda nasional yang wajib diikuti oleh setiap pemerintah, baik itu Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kabupaten/Kota dan kegiatan hari ini merupakan salah satu bagian kecil dari rangkaian penataan dan percepatan agenda reformasi birokrasi.

Kabag Organisasi Adnan Budiman, S.STP. menjelaskan bahwa kegiatan hari ini akan sangat berpengaruh terhadap Tambahan Penghasilan Pegawai (TPP). Diharapkan kepada bapak/ibu untuk memberikan data yang riil, agar dapat dikonfirmasikan terkait rencana untuk distribusi pembagian TPP pada tahun ini dan rencana penyesuaian evaluasi jabatan untuk tahun berikutnya. 

Evaluasi jabatan merupakan bagian dalam proses manajemen sumber daya manusia yang digunakan untuk membobot suatu jabatan. Pedoman evaluasi jabatan ini menggunakan metode sistem evaluasi faktor atau Factor Evaluation System (FES) yang terbagi menjadi 2 bagian yaitu Evaluasi Jabatan Struktural dan Evaluasi Jabatan Fungsional.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. mengatakan bahwa evaluasi jabatan adalah bagian dari reformasi birokrasi dalam rangka meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan kita kepada masyarakat, bertujuan untuk memberi peringkat atau kelas jabatan dan memberikan nilai dari suatu jabatan, yang dijadikan sebagai dasar untuk menentukan besaran TPP.

“Kita berharap dengan penerapan TPP bisa menambah kesejahteraan pegawai sehingga berdampak positif dalam rangka peningkatan kerja di setiap SKPD”, ujarnya.

Mappi merupakan kabupaten pertama di Papua yang menerapkan TPP berdasarkan aturan dan kriteria yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, Wakil Bupati mengajak bapak/ibu yang hadir untuk aktif dalam kegiatan ini sehingga apa yang dibutuhkan dalam rangka menyelesaikan evaluasi jabatan bisa dirangkum hari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *