MAPPI – Bertempat di halaman Apel Mapolres Mappi, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. memimpin langsung Upacara Pelepasan Calon Siswa Bintara Polri Terpadu Tahun Anggaran 2021 Polda Papua Polres Mappi, Sabtu (24/04/2021).

Turut hadir Kapolres Mappi beserta jajarannya, perwakilan Kompi 2 Batalion D Pelopor Mappi, Danki Raider 753, perwakilan Koramil Kepi 1707-07/Kepi, para Kepala OPD di lingkup Pemda Mappi, serta perwakilan Satpol PP.

Penerimaan Bintara Polri tahun ini adalah bagian dari kerjasama Pemerintah Daerah, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi untuk memfasilitasi para casis (calon siswa) untuk bisa berpartisipasi kepada bangsa dan negara melalui Institusi Kepolisian. Proses penerimaan melalui beberapa tahapan yaitu seleksi administrasi di Kabupaten Mappi, seleksi kesehatan di Kabupaten Merauke dan seleksi tes tertulis serta tes lainnya di Jayapura yang dilakukan oleh tim Kepolisian.

Jaya Ibnu Su’ud, S.T. dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang luar biasa kepada Kapolres dan jajarannya karena sudah bekerja keras membantu para casis untuk melengkapi segala dokumen yang dibutuhkan dan dikoordinasikan dengan dinas yang terkait, baik itu Dinas Dukcapil, Dinas P dan P, Dinas Kesehatan, serta dinas lain yang berkepentingan.

“Semoga para casis yang berangkat mengikuti seleksi bisa lolos di setiap tes yang dilakukan dan kembali pulang menjadi anggota Polri”, ujarnya.

Calon Siswa Bintara Polri Terpadu Tahun Anggaran 2021 Polda Papua Polres Mappi yang diberangkatkan berjumlah 280 orang, berasal dari 15 distrik di Kabupaten Mappi yang terdiri dari calon siswa Polki sebanyak 213 putera dan calon siswa Polwan sebanyak 67 puteri.

Karena peserta yang berangkat berjumlah cukup besar, maka dihimbau kepada para casis untuk menjaga diri masing-masing, menerapkan sikap disiplin, dan memanfaatkan kesempatan yang diberikan oleh pemerintah dengan sebaik-baiknya karena kesempatan baik ini tidak datang dua kali.

“Mintalah doa dan restu kepada orang tua serta keluarga agar semua tahapan proses yang dilalui bisa dimudahkan dan berjalan dengan lancar”, tambahnya.

Kapolres Mappi AKBP Damianus Dedy Susanto, S.H., S.I.K., M.H. juga memberikan semangat kepada para casis dan berpesan agar berjuang semaksimal mungkin, menunjukkan yang terbaik, menjaga kesehatan, dan mengikuti arahan para mentor yang mendampingi.

Karena menjadi seorang polisi mempunyai standar baku yang harus diikuti, diharapkan semua peserta bisa pulang memakai seragam polisi. Jika dalam proses seleksi tersebut ada persyaratan yang tidak terpenuhi, maka peserta harus bisa menerima dengan ikhlas. @jurnalis mappikab.go.id