MAPPI – Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi Senin 28 Juni 2021 melaksanakan Vaksinasi Covid-19 untuk masyarakat umum. Vaksinasi tersebut bertujuan untuk meminimalisasi penularan infeksi Covid-19 dan mampu mencegah munculnya gejala yang parah pada orang yang terinfeksi. Dengan vaksin Covid-19, seseorang tidak hanya melindungi diri sendiri, tetapi juga melindungi orang-orang di sekitarnya.

Di Kabupaten Mappi, vaksinasi kali ini merupakan vaksinasi tahap ke-3. Sebelumnya, vaksinasi tahap pertama sudah dilaksanakan untuk tenaga kesehatan, tahap kedua untuk Pegawai Negeri Sipil, Tokoh Agama, TNI, dan Polri, dan tahap berikutnya untuk masyarakat umum.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi, total vaksin yang telah diterima pada bulan Januari sampai dengan Juni 2021 sebanyak 9.240 dosis, dengan rincian dosis tunggal sebanyak 1.840 dosis dan multidosis sebanyak 7.400 dosis. Direncanakan kedatangan vaksin selanjutnya pada hari Senin 28 Juni 2021 sebanyak 4.900 dosis.

Untuk saat ini, stok vaksin di gudang vaksin milik Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi sebanyak 1000 dosis yang diperuntukkan untuk vaksinasi hari ini, dengan rincian pemberian dosis kedua pada sasaran sebanyak 340 dosis dan pemberian dosis pertama pada sasaran sebanyak-banyaknya. Kemudian vaksin yang baru tiba akan didistribusikan ke puskesmas se-Kabupaten Mappi.

Saat ini sudah ada 17 puskesmas yang sudah melakukan Vaksinasi Covid-19 kepada seluruh sasaran di Kabupaten Mappi, dimana setiap cakupan yang sudah mendapatkan vaksinasi datanya akan dientri ke dalam suatu aplikasi berbasis Nasional yaitu aplikasi PCARE yang dapat diakses langsung oleh Kementerian Kesehatan RI sehingga setiap kegiatan Vaksinasi Covid-19 di seluruh NKRI dapat langsung diketahui.

Adapun jumlah sasaran di Kabupaten Mappi sesuai dengan yang dikeluarkan oleh Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) adalah tenaga kesehatan sebanyak 880 sasaran, pelayanan publik sebanyak 8.421 sasaran dan lansia sebanyak 7.938 sasaran, sehingga total sasaran di Kabupaten Mappi sebanyak 17.239.  

Sedangkan sampai dengan saat ini jumlah cakupan yang sudah menerima Vaksin Covid-19 sesuai dengan data KPCPEN sampai dengan hari Sabtu 26 Juni 2021 yaitu SDM Kesehatan sebanyak 794 (90%), pelayanan publik sebanyak 5.852 (70%) dan lansia 73 (1%) sehingga total yang sudah mendapatkan vaksin sebanyak 6.738 (39.1%).

Jika dibandingkan dengan penerimaan vaksin, maka cakupan vaksinasi di Kabupaten Mappi berkisar di angka 72%. Sampai dengan saat ini di seluruh puskesmas masih melaksanakan Vaksinasi Covid-19 mengingat kasus penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Mappi mengalami peningkatan yang cukup signifikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *