Staf Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia Susilo Adi Kuncoro Beserta Rombongan Tiba di Kabupaten Mappi

MAPPI – (10/03/2020) Kepala Badan Restorasi Gambut RI Nazir Foead dan staf Kedutaan Besar Kerajaan Norwegia Susilo Adi Kuncoro beserta rombongan tiba di Kabupaten Mappi untuk melakukan kunjungan kerja dan melakukan eksplorasi lahan gambut yang ada di Kabupaten Mappi. Kedatangan tersebut disambut dengan tari-tarian dan pengalungan atribut.

Tampak hadir Bupati Mappi, Wakil Bupati Mappi, Sekda Mappi, Kapolres Mappi, Perwira Penghubung, Danki Brimob, Danramil, para pejabat daerah, Forkopinda, serta masyarakat Kabupaten Mappi.

Kunjungan kerja Kepala Badan Restorasi Gambut dan Kedubes Norwegia meliputi beberapa agenda yaitu penanaman bibit sagu yang berada di Kampung Agham, acara tatap muka dengan masyarakat di Kampung  Enem, ramah tamah dengan pejabat pemerintah daerah dan melakukan eksplorasi di Sungai Obaa.

“Saya berharap dengan pertemuan ini bisa memberikan semangat kerja kepada kita untuk segera mengambil  bagian dalam gerakan penanaman sagu dalam skala besar, karena sagu merupakan makanan pokok yang paling sehat. Harapan kami sagu ke depannya bisa bermanfaat untuk kehidupan kita dan juga bisa menjadi makanan dunia. Saya selaku kepala daerah mengajak seluruh masyarakat kampung untuk mengambil bagian dalam melakukan penanaman sagu”, kata Bupati Mappi.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead mengatakan Mappi merupakan kabupaten yang paling kaya jika dihitung dari luasan ekosistem gambut. Gambut ini adalah ekosistem yang sangat unik dan berharga. Bapak Presiden membentuk Badan Restorasi Gambut (BRG) empat tahun lalu dan kami ditugaskan untuk membantu masyarakat menjaga dan memperbaiki ekosistem gambut. Saya sependapat dengan apa yang dikatakan Bupati bahwa sagu adalah tanaman unik dan endemik yang memang secara alami tumbuh di lahan gambut dan tentu saja memiliki banyak manfaat. Saya juga berharap suatu saat nanti Kabupaten Mappi bisa menjadi produsen utama sagu, bukan hanya untuk Indonesia tapi untuk kawasan Asia Tenggara. Kita semakin yakin dengan kemampuan kabupaten di bawah pimpinan Bupati untuk mengerjakan program ekosistem gambut dengan baik.

Senada dengan Nazir Foead, Kedutaan Norwegia yang diwakili oleh staf Kerajaan Norwegia Susilo Adi Kuncoro selaku penasehat perubahan iklim dan kehutanan, mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia dan Norwegia memiliki visi yang sama mengenai pengelolaan berkelanjutan mengenai ekosistem yang penting untuk masyarakat, untuk anak cucu kita, untuk Papua, untuk Indonesia dan untuk dunia. Oleh karena itu, sejak sepuluh tahun lalu kami berkomitmen untuk bermitra dengan Indonesia untuk bagaimana menjamin kelanjutan fungsi dan keberadaan ekosistem penting ini.

“Kami sangat mengapresiasi Bupati Mappi yang telah memiliki komitmen sangat kuat dalam rangka perlindungan kawasan gambut untuk mencegah kebakaran, mengatur tata air  dan mencegah terjadinya bencana perubahan iklim di tingkat global. Saya sangat ingin menggali lebih dalam dan memahami mengenai pentingnya lahan rawa gambut untuk masyarakat dan apa saja kesempatan yang dapat dikembangkan untuk mencari solusi mengenai pengelolaan ekosistem berkelanjutan”, demikian harapan Susilo Adi Kuncoro mengakhiri sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *