PANEN PADI BERSAMA PETANI LOKAL DI KAMPUNG GHANU

Ir. Vinsentius Jamlean Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mappi Ikut Serta Panen Bersama di Kampung Ghanu, Distrik Nambioman Bapai

MAPPI – Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Mappi Ir. Vinsentius Jamlean bersama petani yang tergabung dalam Kelompok Tani (Poktan) Hefa Star Kampung Ghanu, Distrik Nambioman Bapai, Kabupaten Mappi melakukan panen padi pada lahan seluas 6 Ha, Selasa (12/05/2020).

Ir. Vinsentius Jamlean mengatakan bahwa benih padi yang digunakan di Kampung Ghanu merupakan benih Varietas Mekongga yang diperoleh dari Balai Benih Induk Padi di Kurik, Merauke. Benih padi yang diperoleh sebanyak 10 ton, yang digunakan untuk kebutuhan petani-petani yang ada di Mappi pada musim tanam yang dimulai dari akhir tahun 2019 sampai awal tahun 2020.

“Perkiraan produksi hasil panen tahun ini setelah melihat kondisi penanaman padi dan pengalaman petani pada tahun-tahun sebelumnya yaitu sekitar 3,5 ton/Ha gabah kering giling atau sekitar 2.250 kg/Ha beras”, ujar Kepala Dinas Pertanian.

Para petani merupakan Orang Asli Papua (OAP) yang terdiri dari 15 Kepala Keluarga. Para petani lokal tersebut didampingi oleh 2 penyuluh dari Dinas Pertanian Kabupaten Mappi. Selain itu, ada juga penduduk setempat yang menjadi pembimbing dan penyuluh sekaligus sebagai ketua kelompok untuk mendampingi petani lokal di Kampung Ghanu.

Kondisi tanah pada Kampung Ghanu sangat baik karena hasil panen padi yang sudah dilakukan tidak melalui proses pemupukan. Masyarakat Kampung Ghanu berharap kepada pemerintah untuk dapat membantu memperluas lahan pertanian mereka. Untuk lahan pertanian ke depannya akan dibicarakan lagi, baik di tingkat kabupaten maupun Kementerian Pertanian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *