OKP PEMUDA KATOLIK KOMCAB MAPPI TERIMA SUMBANGAN MINIATUR BENTANG ALAM

OKP Pemuda Katolik Komcab Mappi terima sumbangan Miniatur Bentang Alam dari Mitra WWF Indonesia dan Komunitas Pondok Kreatif Korola Kepi

MAPPI-(08/07/2020) OKP Pemuda Katolik Komcab Mappi menerima sumbangan Miniatur Bentang Alam dari Mitra WWF (World Wide Fund for Nature) Indonesia dan Komunitas Pondok Kreatif Korola Kepi. Serah terima Miniatur Bentang Alam ini dilaksanakan di Sekretariat Pemuda Katolik Komcab Mappi, Jalan Wamom Kepi.

Kegiatan serah terima ini dihadiri oleh Ketua Pemuda Katolik Komcab Mappi, Pengurus Pemuda Katolik Komcab Mappi, perwakilan Suku Auyu Dewan Adat YAKWAT Kabupaten Mappi, Mitra WWF Indonesia dan Komunitas Pondok Kreatif Korola Kepi.

Dalam sambutannya, Ketua Pemuda Katolik Komcab Mappi Yohanes M. Motte, Amd. mengatakan bahwa perumusan program kerja yang dilakukan secara partisipatif sebelumnya telah mengidentifikasi kondisi eksisting permasalahan guna merumuskan isu prioritas internal maupun eksternal organisasi. Isu prioritas yang sangat relevan dengan tanggung jawab organisasi terhadap internal dan eksternal yaitu pengembangan potensi-potensi kader pemuda-pemudi yang memiliki daya kritis, kreatif dan inovatif  guna menjawab tuntunan peluang dan tantangan  pembangunan Kabupaten Mappi ke depannya.

“Program peningkatan kapasitas pemuda katolik secara internal sedianya akan dilakukan diskusi kontinyu dengan tema besar yaitu Lingkungan, Sosial Budaya dan Ekonomi. Sedangkan diskusi tematik akan fokus pada isu-isu prioritas eksisting dalam tema besar baik Lingkungan, Sosial Budaya dan Ekonomi”, ujar Ketua Pemuda Katolik.

Daimatus Haibu, perwakilan Suku Auyu Dewan Adat YAKWAT Kabupaten Mappi yang turut hadir pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa miniatur ini akan sangat membantu sebagai alat peraga diskusi sekaligus menyampaikan terima kasih yang tak terhingga.

Alat peraga ini sangat membantu untuk memvisualisasikan Kabupaten Mappi dalam Bentang Alam pegunungan tengah sampai selatan Papua. Sehingga kiranya dalam diskusi tematik untuk tema lingkungan, sosial budaya dan ekonomi akan sangat membantu dalam pembelajaran serta menghasilkan rekomendasi hasil diskusi yang berkualitas dengan menerapkan prinsip holistik (menyeluruh), integrasi (terpadu), tematik (terfokus) dan spasial (ruang atau lokasi yang jelas) dalam upaya pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Mappi.

Pengurus Pemuda Katolik Komcab Mappi juga memberikan ruang dalam kemitraan kepada Dewan Adat YAKWAT di Kabupaten Mappi dalam upaya berkontribusi memberikan penguatan kepada Pemuda Katolik Komcab Mappi terkait tema budaya. Dengan kemitraan yang telah dibangun, maka sangat memberikan kontribusi positif dalam upaya pencapaian visi dan misi organisasi.

“Kemitraan ini sangat penting agar Hak Kekayaan Intelektual Orang Asli Papua dalam bahasa, seni dan kearifan adat istiadat terus ditanamkan kepada generasi berikut dan dapat terus dilestarikan”, ujar Yohanes M. Motte, Amd. mengakhiri sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *