CEGAH TERJADINYA KRISIS PANGAN AKIBAT PANDEMI COVID-19 DENGAN PEMANFAATAN LAHAN PEKARANGAN

Bupati Mappi menyerahkan secara simbolis alat pertanian kecil kepada kepala distrik dan kepala kampung se-Kabupaten Mappi

Mappi-(22/07/2020). Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mappi melakukan penyerahan secara simbolis alat pertanian kecil kepada kepala distrik dan kepala kampung yang dilakukan langsung oleh Bupati Mappi di Gedung Qhaindau Uri.

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Mappi, Ketua DPRD, Sekda Mappi, Kapolres Mappi, Komandan BKO Kodim Mappi, para Kepala OPD, Danramil Obaa, Danki Brimob, Danpos Yalet, Ketua Tim Penggerak PKK, serta  para Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat.

Dalam penyerahan alat pertanian kecil tersebut, Bupati Mappi dalam arahannya berharap agar dengan adanya bantuan peralatan dan bibit lokal ini masyarakat diharapkan dapat menyiapkan cadangan bahan pangan di keluarganya dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah masing-masing. Permasalahan global ke depan pasca Pandemi Covid-19 adalah pemulihan ekonomi yang terpuruk akibat penyebaran virus ini, termasuk ketahanan pangan keluarga.

Lebih lanjut dikatakan bahwa dengan adanya Pandemi Covid-19 di dunia saat ini secara khusus di Indonesia, bukan tidak mungkin ke depan bisa terjadi krisis pangan karena produksi menurun pada daerah-daerah penghasil bahan pangan secara khusus beras, untuk itu saat ini kita harus mulai mempersiapkan bahan pangan cadangan pengganti beras bilamana krisis itu terjadi, umbi-umbian dan sayuran akan sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan gizi masyarakat kita yang tentunya dapat meningkatkan imunitas tubuh kita.

Disamping itu juga Bupati berharap agar kita semua yang hadir di sini wajib memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber cadangan pangan keluarga dan juga kita mulai melakukan gerakan makan sagu sebagai bahan pangan pokok orang Papua yang kaya akan karbohidrat sehingga kita tidak terlalu bergantung kepada beras. 

Disaat bersamaan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Mappi, Antonius Letsoin, S.P. menjelaskan bahwa kegiatan ini adalah salah satu dari beberapa kegiatan Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Mappi yang dilaksanakan oleh Dinas Ketahanan Pangan yakni kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai cadangan pangan keluarga menghadapi Pandemi Covid-19. Tujuannya adalah untuk mempersiapkan cadangan pangan di setiap keluarga atau rumah tangga sebagai sumber pangan alternatif pengganti beras bilamana terjadi krisis pangan di masa Pandemi Covid-19 ini.

Lebih lanjut dikatakan bahwa alat pertanian yang diserahkan yakni pacul, sekop, parang dan kikir. Peralatan ini akan didistribusikan ke semua kampung di 15 distrik dan setelah masyarakat menyiapkan lahan akan dilanjutkan dengan penyerahan bibit lokal seperti Ubi Jalar dan Ubi Kayu. Mengakhiri penjelasannya, Antonius Letsoin, S.P. berharap agar masyarakat segera mempersiapkan lahan-lahan di pekarangan rumah masing-masing guna penanaman bibit umbi-umbian sebagai cadangan pangan alternatif keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *