SAMBUT 1 MUHARAM 1442 H, HKJM GELAR SARASEHAN KEMERDEKAAN HUT KE-75 RI

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi Yohanes Kristotomus Dhendi, S.Pd.K. turut hadir dalam kegiatan Peringatan 1 Muharam 1442 H

MAPPI – Himpunan Kerukunan Jawa Madura (HKJM) Kabupaten Mappi, Rabu 19 Agustus 2020 menggelar kegiatan Peringatan 1 Muharam 1442 Hijriah dan Sarasehan Kemerdekaan dalam rangka HUT ke-75 RI. Kegiatan yang dilaksanakan di Sekretariat HKJM Km. 5 Kepi dihadiri Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi dan Keluarga Besar HKJM yang ada di Kepi.

Dalam sambutannya, penasehat HKJM Radi Suyoto, S.Sos. mengatakan bahwa Tahun Baru Islam 1 Muharam 1442 H adalah momentum bagi kita untuk melakukan introspeksi diri terhadap apa yang telah dikerjakan tahun-tahun sebelumnya, sehingga ke depannya kita semua bisa memperbaiki sikap maupun program kerja organisasi.

“Dengan momen Tahun Baru Islam ini marilah kita sama-sama memperbaiki iman dan takwa agar terhindar dari segala hal-hal yang tidak baik bagi kita maupun organisasi,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Radi Suyoto menjelaskan bahwa HKJM yang ada di Kabupaten Mappi sudah berusia 16 tahun dan merupakan umur yang sudah mulai dewasa. Untuk itu mari tingkatkan persatuan dan kesadaran kita dalam berorganisasi.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi Yohanes Kristotomus Dhendi, S.Pd.K. yang akrab disapa Kristo, mengucapkan terima kasih atas undangan ini sehingga kita dapat berkumpul pada malam hari ini. Pada tahun ini peringatan 1 Muharam hampir bersamaan dengan peringatan HUT ke-75 RI. Inilah momentum dimana kita semua diberi kesempatan untuk merenung dan merefleksikan mengapa dua peristiwa ini hampir bersamaan diperingati dan dirayakan.

“Kembali kepada soal semangat perubahan atau perpindahan, untuk semua yang hadir di sini adalah warga dari Jawa dan Madura. Kita hijrah atau pindah dari kampung halaman kita ke tempat ini untuk hidup bersama-sama dengan saudara-saudara kita baik yang asli papua dan saudara-saudara kita dari seluruh suku dan bahasa yang ada di Nusantara ini dari Sabang sampai Merauke.

Dengan latar belakang profesi apapun yang ada diri kita, hendaknya memberi sebuah perubahan ataupun kontribusi positif bagi sebuah peradaban di Kabupaten Mappi ini. Mari kita memberikan sumbangsih agar Kabupaten Mappi bisa lebih maju lagi. Ketika kerukunan dan suasana yang harmonis dibangun bersama, maka apapun yang ingin kita lakukan di daerah ini bisa berjalan dengan baik, dengan aman dan sejahtera karena tidak ada satupun yang ingin hidup penuh dengan kecemasan.

Mari kita jaga kebersamaan dalam keberagaman ini, kerukunan internal umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan juga umat beragama dengan pemerintah,” ujar Kristo mengakhiri sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *