SEMARAK HUT KE-75 RI, BENDERA MERAH PUTIH UKURAN 75 METER TERBENTANG DI MAPPI POS

Kegiatan Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 75 meter di Mappi Pos Sungai Digoel Distrik Edera

MAPPI – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-75 Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten Mappi bersama Kompi 2 Batalyon D Pelopor Mappi, Sabtu 15 Agustus 2020 menggelar kegiatan Pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 75 meter di Mappi Pos Sungai Digoel Distrik Edera. Acara tersebut dilaksanakan untuk pertama kalinya dalam sejarah, tanpa mengabaikan protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pembentangan Bendera Merah Putih yang dilaksanakan di Kampung Hasto Distrik Bamgi disambut cukup antusias oleh masyarakat yang hadir dengan tari-tarian adat karena kegiatan ini baru pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Mappi. Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu saat memberikan pengantar kebangsaan mengatakan bahwa pembentangan bendera yang akan kita laksanakan ini memberikan pesan kepada semua orang yang ada di tanah Mappi bahwa tempat, daerah, sungai, dan wilayah ini juga menjadi suatu bagian dari catatan sejarah Bangsa Indonesia yang mungkin belum tertulis secara resmi.

“Makna 75 tahun Indonesia merdeka di tempat ini memberikan kita kenangan bahwa Pemerintah Belanda pernah ada di tempat ini serta keterlibatan orang Mappi dalam menjaga keutuhan bangsa ini”, ungkap Bupati Mappi.

75 tahun Indonesia merdeka adalah waktu yang cukup panjang dalam membangun dan mengisi kemerdekaan. Oleh karena itu, kita sebagai anak Mappi harus tumbuh, bekerja keras dan belajar sehingga dari waktu ke waktu akan mendapatkan generasi yang lebih cerdas untuk mengubah kehidupan di setiap kampung, dusun, distrik dan kabupaten.

Kita sebagai anak-anak bangsa harus mengenang seluruh jasa pengorbanan setiap orang tua yang hidup, lahir, besar sekaligus menjaga dan menyusuri sungai serta hutan yang ada di sini agar kita selalu menjalani hidup dengan kebersamaan, persahabatan dan kasih sayang yang tulus.

Lebih lanjut, Bupati Mappi juga mengajak kepada seluruh anak-anak untuk belajar dengan baik agar ke depannya dapat mengembangkan tempat bersejarah ini sebagai sarana wisata dengan pola yang lebih terstruktur dan menonjolkan nilai-nilai kebangsaan.

“Semoga dengan pembentangan Bendera Merah Putih dalam rangka HUT RI ke-75 dapat memberikan pesan nilai kebangsaan sekaligus mempererat tali silaturahmi dan persaudaraan kita untuk hidup damai di Kabupaten Mappi ini”, ujar Kristosimus Yohanes Agawemu mengakhiri sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *