DANDIM 1707/MERAUKE TINJAU KARYA BAKTI DI KAMPUNG MEDA DISTRIK ASSUE

Foto bersama Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. dan masyarakat Kampung Meda

MAPPI – Komandan Distrik Militer (Dandim) 1707/Merauke bersama rombongan tiba di Bandar Udara Kepi pada Senin siang (24/08/2020) dan disambut Asisten I Bidang Pemerintahan, I Gusti Made Andrawan, S.Sos. Turut serta dalam rombongan, Kepala Seksi Teritorial Kodim 1707/Merauke Kapten Inf Herman Purba dan Komandan Koramil 1707-07/Obaa Kapten Inf Rajab Lahamini.

Kedatangan tersebut dalam rangka pengecekan kegiatan karya bakti di Kampung Meda, Distrik Assue. Karya Bakti di Kabupaten Mappi ini atas permintaan Pemerintah Daerah Kabupaten Mappi, yakni membangun 20 unit rumah semi permanen di Kampung Meda.

Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra, S.I.P. mengatakan bahwa tujuan kedatangan kami bersama rombongan atas izin Bupati Mappi, yakni ingin melihat langsung di lapangan dan memastikan bahwa laporan yang dikirim oleh teman-teman yang bekerja di Kampung Meda benar adanya.

“Kami berencana berangkat ke Kampung Meda menggunakan speedboat, sekaligus ingin melihat Koramil Senggo yang ada di Kampung Meda”, ungkap Dandim 1707/Merauke.

Lebih lanjut, Dandim juga ingin mengajak masyarakat yang ada di Kampung Meda untuk bersama-sama menjaga kedisiplinan, kebersihan, meningkatkan taraf hidup dengan bercocok tanam. Selain sasaran fisik, ada juga sasaran nonfisik yang dikerjakan di Kampung Meda.

Kegiatan karya bakti merupakan wujud cinta TNI kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Kegiatan ini merupakan skala besar TNI AD dimana merupakan program terpadu lintas sektoral yang dilaksanakan secara rutin di wilayah-wilayah terpilih. (Sumber: https://analisadaily.com/berita/arsip/ 2014/8/28/58894/karya-bakti-tni-wujud-cinta-nkri/).

Proses perencanaan karya bakti skala besar diprogramkan secara bottom up planning untuk daerah tertinggal, terpencil, perbatasan, pulau-pulau kecil terdepan, perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan yang kumuh, atau daerah lain yang terkena bencana. (Sumber: https://jejakrekam.com/ 2019/02/08/karya-bakti-tni-metode-membantu-percepatan-pembangunan-wilayah/)

Kehadiran TNI dalam Karya Bakti tersebut sebagai bagian dari kepedulian TNI terhadap pembangunan.

Karya bakti bertujuan untuk membangun soliditas dan sinergitas prajurit TNI dengan aparat pemerintah serta komponen masyarakat lainnya guna mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat yang selama ini terbina baik. Program Karya Bakti TNI merupakan implementasi nyata kebersamaan TNI-AD dalam program percepatan pembangunan di wilayah teritorial Kodim 1707/Merauke, serta untuk membangun soliditas dan sinergitas antara prajurit TNI-AD dengan aparat pemerintah serta komponen masyarakat yang selama ini sudah terbina dengan baik, akan lebih baik lagi. Tentunya melalui karya bakti ini akan mengembalikan ciri khas masyarakat Indonesia yang gotong royong, saling membantu dan kerja sama demi kepentingan umum sehingga TNI kuat bersama rakyat bukan hanya sekedar slogan, namun nyata dilaksanakan. Karya bakti TNI tersebut berlangsung sederhana dan tetap menjalankan protokol kesehatan yang ketat mengingat situasi saat ini dalam keadaan pandemi Covid-19.

Karya Bakti bersama masyarakat merupakan wujud implementasi salah satu butir dari Delapan Wajib TNI, yang berbunyi menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya. (Sumber: https://kodam17cenderawasih-tniad.mil.id)

“Kami dan Bapak Bupati berharap bahwa dengan adanya karya bakti ini dapat meningkatkan taraf kehidupan dalam hal ekonomi maupun kesehatan, sehingga masyarakat yang berada di Kampung Meda tidak terlalu tertinggal jauh dengan masyarakat yang ada di Kepi”, tegas Dandim 1707/Merauke mengakhiri wawancara singkat dengan jurnalis portal.mappikab.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *