INTERNALISASI DAN KICK OFF SP2020 BADAN PUSAT STATISTIK KABUPATEN MAPPI

Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi, Geressida Sihombing, S.E.,M.Si.

MAPPI-(31/08/2020) Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi mengadakan kegiatan Internalisasi Dan Kick Off Sensus Penduduk 2020 yang bertempat di gedung pertemuan Kantor BPS Kabupaten Mappi Jalan Km. 04 Kepi, Mappi. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menyaksikan secara virtual and live streaming dimulainya pelaksanaan Sensus Penduduk September 2020 sekaligus penyematan peralatan petugas dalam pelaksanaan di lapangan. Turut hadir dalam acara tersebut Asisten 1 Bidang Pemerintahan Setda Mappi, Kepala BPS Kabupaten Mappi, Danramil 1707-07/Kepi, para kepala OPD, serta petugas sensus SP2020.

Kepala Badan Pusat Statistik Republik Indonesia, Dr. Suhariyanto secara resmi melakukan Kick Off Sensus Penduduk September 2020. Acara yang diselenggarakan secara daring tersebut dilakukan serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kabupaten Mappi. Dalam sambutan, Suhariyanto mengatakan, “Acara Kick Off Sensus Penduduk 2020 ini membuktikan bahwa semangat kita semua untuk menyukseskan sensus penduduk tahun 2020 tidak akan pernah surut oleh pandemi covid-19. Di tengah berbagai kesulitan dan kendala yang kita hadapi, kita harus tetap optimis di masa adaptasi yang baru ini dan kita harus yakin bahwa semua kegiatan tetap bisa kita jalankan dengan lancar“, ujar orang nomor satu di BPS. Menurut Suhariyanto, Kick Off SP2020 September ini membuktikan kesiapan dan keseriusan BPS dan seluruh jajarannya di Indonesia untuk melakukan tugas besar bangsa melakukan sensus penduduk. Mulai 1 September hingga 30 September 2020, petugas SP2020 akan berkunjung dari rumah ke rumah melakukan sensus penduduk secara langsung untuk melengkapi SP2020 secara online  pada Februari-Mei 2020 silam.

Pada kesempatan yang sama, Geressida Sihombing, S.E.,M.Si. selaku Kepala Badan Pusat Statistik Kabupaten Mappi menjelaskan, “Sensus penduduk ini adalah sensus penduduk yang ke-7 yang dilaksanakan di Indonesia dengan dasar hukum pelaksanaan SP2020 adalah sebagai berikut: 1. UU No. 16 Tahun 1997 tentang Statistik 2. PP No. 51 Tahun 1999 tentang Penyelenggaraan Statistik 3. World Population and Housing Programme (UN Recommendation) yang menyebutkan bahwa setiap negara harus melakukan sensus penduduk minimal 10 tahun sekali 4. Perpres No. 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia 5. Perpres No. 62 Tahun 2019 tentang Strategi Nasional Percepatan Administrasi Kependudukan untuk Pengembangan Statistik Hayati. Perlu kita ketahui tujuan diadakan SP2020 ini adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Dalam hal ini metode sensus yang direkomendasikan oleh PBB ada metode tradisional, metode kombinasi, serta metode berbasis registrasi. Namun yang kami akan laksanakan di Kabupaten Mappi adalah metode kombinasi yang menggunakan data registrasi yang relevan dengan sensus yang kemudian dilengkapi dengan sample survei.”

Ditambahnya, “Dalam hal ini pencapaian untuk sensus online di Kabupaten Mappi sangat luar biasa karena di atas 100%. Saya berterimakasih kepada penduduk Kabupaten Mappi khususnya di kota Kepi yang sudah berpartisipasi aktif untuk kegiatan Sensus Penduduk 2020 online. Untuk hal ini kami mohon untuk masyarakat di Kabupaten Mappi di jajaran distrik hingga kampung agar menerima petugas sensus, karena mulai tanggal 1 sampai 30 September 2020 mereka akan ada di lapangan untuk mencatat kita semuanya. Saya mohon untuk semua lapisan masyarakat untuk mau menerima petugas kami supaya seluruh anggota keluarga bisa tercatat secara keseluruhan”, tegas Geressida mengakhiri wawancara singkat dengan jurnalis portal.mappikab.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *