PENGURUS KESEJAHTERAAN MASJID NURUL HUDA KEPI GELAR SANTUNAN ANAK YATIM

Pengurus Kesejahteraan Masjid Nurul Huda (PKM) Kepi mengadakan kegiatan Santunan Anak Yatim

MAPPI – Untuk menumbuhkembangkan nilai-nilai ajaran Islam dan kepedulian sesama khususnya untuk anak yatim, Pengurus Kesejahteraan Masjid Nurul Huda (PKM) Kepi, Sabtu 29 Agustus 2020 mengadakan kegiatan Santunan Anak Yatim dalam rangka memperingati 10 Muharam 1442 Hijriah.

Kegiatan yang dilaksanakan di Masjid Nurul Huda Jl. Telkomsel Kepi, dihadiri Asisten I Bidang Pemerintahan Setda Mappi, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi, para Kepala OPD, perwakilan pengurus PKM dan umat Islam yang ada di kepi. Kegiatan dilaksanakan di tengah pandemi Covid-19, sehingga panitia menerapkan protokol kesehatan yang mewajibkan undangan mengenakan masker.

Ketua Panitia Santunan Anak Yatim, Adnan Budiman, S.STP. mengatakan kegiatan Santunan Anak Yatim kali ini mengambil tema “Sempurnakan Ibadahmu Dengan Sedekah, Raih Bahagiamu Melalui Anak Yatim”. Lebih lanjut dijelaskan, sumber dana santunan anak yatim berasal dari umat yakni terdiri, yang ke-1 unsur OPD, TNI dan Polri serta DPRD, yang ke-2 dari unsur kemasyarakatan, profesi dan keagamaan dan yang ke-3 dari majelis taklim dan dunia usaha. Adapun jumlah donasi yang terkumpul sampai dengan saat ini adalah sebesar Rp. 97.357.000 (sembilan puluh tujuh juta tigaratus limapuluh tujuh ribu rupiah).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Mappi Yohanes Kristotomus Dhendi, S.Pd.K. dalam sambutannya mengatakan, dengan tema ini saya mengandaikan bahwa ibadah kita kan menjadi sempurna apabila kita bisa memberikan sedekah dan kebahagiaan akan kita raih kalau kita bisa memberi perhatian kepada anak yatim. 

“Maka sangat berbahagialah bagi kita yang pada kesempatan ini bisa hadir dalam acara yang luar biasa yang merupakan satu rangkaian dalam peringatan Tahun Baru Hijriah dimana sebagian umat dengan sukarela membagikan sebagian rezeki miliknya untuk menjadi rezeki juga bagi anak yatim”, ungkapnya. 

Santunan ini dilaksanakan setiap tanggal 10 Muharam itu, berarti kita baru menjalani 10 hari dalam memasuki Tahun Baru Hijriah mungkin belum banyak hal yang kita lakukan. Aspek penting bagi kita memberikan bantuan atau perhatian kepada anak yatim menjadi tempat yang pertama yang perlu diperhatikan sebelum kita melanjutkan tugas kita lainnya.

Sebagai Kepala Kantor Agama, saya terus menghimbau kepada Umat Islam sekalian supaya kehadiran kita di kabupaten ini tetap memberi warna tersendiri, memberikan makna yang positif, kita membangun kebersamaan membina dan menciptakan kerukunan internal umat beragama, kerukunan antar umat beragama dan kerukunan antar umat beragama dengan pemerintah.

Di tempat yang sama, I Gusti Made Andrawan, S.Sos. mengatakan kegiatan ini dilaksanakan karena Umat Islam yang ada di Kabupaten Mappi begitu cinta dan bangga kepada junjungan Nabi Muhammad SAW sebagai tokoh paling revolusioner dan berpengaruh yang kesehariannya begitu dekat dengan anak yatim dan golongan orang yang tidak mampu. Acara yang kita laksanakan kali ini mengusung tema “Sempurnakan Ibadahmu Dengan Sedekah, Raih Bahagiamu Melalui Anak Yatim”. Dari tema tersebut mengandung makna intisari dan ajaran Islam yang mana kita tidak hanya dianjurkan dekat dengan sang pencipta tetapi kita juga dianjurkan untuk menjaga keseimbangan dan membangun hubungan baik dengan sesama terlebih anak yatim.

Lebih lanjut Asisten I menjelaskan kegiatan ini juga membantu tercapainya visi Kabupaten Mappi yaitu terwujudnya masyarakat Mappi yang lebih religius, mandiri, bermartabat, adil dan makmur. 

“Untuk itu atas nama pemerintah Daerah saya mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Umat Islam yang sudah berinisiatif dan menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin tahunan. Mewakili pimpinan daerah, saya berharap agenda tahunan ini agar dapat terus dikembangkan. Mari kita memberikan dukungan karena manfaatnya akan memberikan dampak yang positif bagi daerah ini, dan semoga santunan yang diberikan dapat digunakan sebaik baiknya sesuai dengan kebutuhan”, ujarnya mengakhiri sambutan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *