DPRD MAPPI GELAR RAPAT PARIPURNA MASA SIDANG III DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Penyerahan Materi Pembahasan Raperda Tentang APBD Kabupaten Mappi Tahun Anggaran 2020

MAPPI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mappi menggelar Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mappi Masa Sidang III Dalam Rangka Pembahasan dan Persetujuan terhadap Raperda Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019. Rapat Paripurna yang dilaksanakan pada hari Rabu 30 September 2020 di Qhaindau Uri Jl. Bawape Kepi dipimpin langsung oleh Wakil Ketua I DPRD Mappi Marandus Situmorang, S.IP. dan dihadiri 19 Anggota Dewan. Rapat paripurna tersebut juga dihadiri Kapolres Mappi, Sekda Mappi, Perwira Penghubung Kodim 1707/Merauke di Kepi, Pejabat Eselon II, para bendahara dan kasubbag keuangan dari masing-masing SKPD.

Dalam sambutannya, Marandus Situmorang, S.IP. mengatakan Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD merupakan kewajiban konstitusional kepada daerah yang diatur dalam Undang Undang Nomor 09 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah dimana disebutkan dalam pasal 65 ayat (1) huruf d, bahwa Kepala Daerah bertugas menyusun dan mengajukan rencana peraturan daerah tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD kepada DPRD untuk dibahas bersama. Disamping itu juga untuk memenuhi amanat Peraturan Pemerintah Nomor 58 Tahun 2005.

Pertanggungjawaban atas pengelolaan APBD merupakan tata kelola pemerintahan yang wajib disampaikan kepada masyarakat melalui DPRD, berupa laporan akuntabilitas keuangan berdasarkan pertanggungjawaban tersebut Pemerintah tidak hanya dituntut untuk mempertanggungjawabkan uang yang diterima tetapi juga dituntut untuk mempertanggungjawabkan atas hasil-hasil yang dicapai.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. saat membacakan tanggapan Bupati Mappi atas pandangan Fraksi mengatakan setelah mendengar, menyimak dan mencermati pendapat dewan yang disampaikan melalui pandangan akhir fraksi yang terhormat terhadap Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2019, perkenankan kami menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setulusnya kepada Sidang Dewan yang mulia. Wabup menjelaskan kesungguhan dan kerja keras seluruh alat kelengkapan Dewan merupakan sumbangsih yang sangat berharga dan penting dalam proses penetapan kebijakan Pemerintah Daerah hal ini sekaligus menunjukkan tanggung jawab kebersamaan dalam mengemban tugas-tugas penyelenggaraan Pemerintah Daerah, sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah yang terakhir diubah dengan Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Partai Perindo atas usulan dan saran yang telah disampaikan atas beberapa catatan yang diberikan akan menjadi perhatian ke depan. Kami akan menargetkan pembahasan APBD tepat waktu sehingga penyerapan anggaran dan pelaksanaan kegiatan di setiap SKPD dapat lebih optimal, tepat waktu, tepat sasaran dan tetap memperhatikan kualitas dan kuantitas setiap kegiatan dalam hal penanganan Covid-19, kami akan selalu menghimbau kepada masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan sehingga Kabupaten Mappi dapat terhindar dari pandemi ini.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Bhinneka Tunggal Ika atas usul dan saran yang telah disampaikan atas beberapa catatan yang diberikan, kami akan memberikan dan mengevaluasi kinerja dari masing-masing kepala SKPD sehingga pelayanan dan pelaksanaan segala program kegiatan dapat berjalan dengan baik dan dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat di Kabupaten Mappi. Terhadap pengelolaan dana yang kita terima dari pemerintah pusat, tentunya akan menjadi perhatian kami dalam mekanisme pengelolaan dan tanggung dan pertanggungjawaban keuangannya termasuk pengelolaan aset-aset milik daerah.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Nusantara atas usul dan saran yang telah disampaikan atas beberapa catatan yang diberikan, kami akan mengoptimalkan kinerja SKPD guna meningkatkan target Realisasi Pendapatan Daerah. Terkait  SiLPA Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp.107.202.896.658,00 akan dianggarkan kembali di Tahun Anggaran 2020 dan akan diperhatikan dalam pelaksanaan kegiatannya sehingga dapat direalisasikan secara optimal. Terhadap tupoksi Inspektorat Daerah akan menjadi perhatian kami, sehingga Inspektorat Daerah dapat melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD agar terhindar dari potensi kerugian daerah.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Fraksi Partai Nasdem atas usul dan saran yang telah disampaikan atas beberapa catatan yang diberikan, kami akan memperhatikan setiap program merencanakan kerja di setiap SKPD sehingga berpihak kepada kepentingan masyarakat dan semangat kita tidak surut dalam upaya peningkatan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan yang lebih penting lagi menjaga derajat kesehatan masyarakat Mappi secara keseluruhan di masa pandemi covid-19.

Kami mengucapkan terima kasih kepada Fraksi PDI Perjuangan atas usul dan saran yang telah disampaikan. Atas beberapa catatan yang diberikan, kami akan memperhatikan penguatan program di bidang ekonomi, bidang pendidikan, bidang kesehatan, dan bidang pembangunan infrastruktur sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat, di samping itu kami akan lebih mengoptimalkan realisasi penyerapan anggaran di setiap SKPD tanpa mengabaikan pengawasan terhadap kualitas dan kuantitas serta kepatuhan terhadap aturan yang berlaku. Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Mappi Masa Sidang III berlangsung dengan tertib dan lancar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *