WAKIL BUPATI MAPPI PIMPIN UPACARA KESAKTIAN PANCASILA TAHUN 2020

Upacara Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020

MAPPI – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mappi menggelar Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Mappi Masa Sidang III Dalam Rangka Pembahasan dan Persetujuan terhadap Raperda Tentang Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2019. Upacara kali ini berbeda dengan upacara sebelumnya, selain jumlah peserta yang terbatas juga diwajibkan mengenakan masker, hal ini terkait dengan protokol kesehatan di tengah Pandemi Covid-19.

Dalam upacara peringatan tersebut, Wakil Bupati Mappi membacakan naskah Pancasila. Setelahnya turut dibacakan Naskah Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Adriani, S.T. dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mappi. Wakil I Ketua DPRD Kabupaten Mappi, Marandus Situmorang, S.IP. kemudian membacakan naskah Ikrar.

Selain melaksanakan upacara, Pemerintah Kabupaten Mappi juga mengikuti upacara yang dilaksanakan secara virtual yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, yang disiarkan langsung dari Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta Timur. Melalui unggahannya di akun Twitter pribadi, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa bangsa Indonesia sepanjang sejarah berdirinya telah menghadapi berbagai tantangan di mana pandemi Covid-19 kini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi bangsa. Tantangan-tantangan tersebut dapat kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu oleh ideologi Pancasila.

“Tantangan dan ujian dalam berbagai bentuk pernah dihadapi bangsa ini, dari zaman kemerdekaan, masa pembangunan, era globalisasi, sampai pandemi Covid-19 saat ini. Semua tantangan itu kita lewati berkat kekuatan persatuan dan persaudaraan bangsa yang dipandu ideologi Pancasila,” tulisnya. (Sumber: https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-pimpin-upacara-hari-kesaktian-pan-casila-tahun-2020)

Wakil Bupati Mappi mengatakan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mappi, pada momentum Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2020 dengan tema Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila, saya mewakili Bupati Mappi dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Mappi menyampaikan harapan semoga momentum kegiatan memperingati kesaktian pancasila hari ini bisa memberikan dampak positif, dan makna yang terkandung dalam nilai-nilai Pancasila bisa kita aktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu sebagai pribadi dan makhluk sosial yang hidup dengan orang lain di sekitar kita. Perbedaan adalah hal yang wajar tapi jangan sampai perbedaan itu memecah belah persatuan dan kesatuan serta kerukunan hidup berbangsa dan bernegara sesama anak bangsa di daerah ini. Saya harap kebaikan adalah bagian pemersatu dan perekat untuk bagaimana kita membangun daerah ini lebih maju lebih mandiri, lebih adil dan bermartabat. Pesan kami kepada seluruh warga Kabupaten Mappi, jaga persatuan, jaga keharmonisan, jaga kerukunan antar sesama warga, sesama anak bangsa agar modal besar kita yaitu persatuan bisa menjadi penyemangat dan juga sebagai media untuk kita lebih baik dan lebih maju.

“Pada momentum Hari Kesaktian Pancasila tahun ini kami harap menjadi penyemangat dan juga modal kita untuk membangun daerah ini menjadi daerah yang lebih maju, lebih adil dan bermartabat”, tegas Wakil Bupati mengakhiri wawancara singkat dengan pewarta portal.mappikab.go.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *