Kegiatan Bimbingan Manajemen Usaha Bagi Perempuan Dalam Mengelola Usaha di Distrik Kaibar

MAPPI – (22/10/2020) Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. melakukan kunjungan kerja ke Distrik Kaibar. Kunjungan tersebut dalam rangka membuka kegiatan Bimbingan Manajemen Usaha Bagi Perempuan Dalam Mengelola Usaha di Distrik Kaibar yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Mappi.

Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su,ud, S.T. mengatakan hari ini Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Mappi menyerahkan peralatan menjahit kepada 30 mama-mama di Kampung Amazu Distrik Kaibar, kita harap bahwa pembagian mesin jahit ini yang dilanjutkan dengan kegiatan bimbingan pelatihan dalam rangka bimbingan manajemen usaha bagi kaum perempuan khususnya di Kampung Amazu bisa bermanfaat. Lebih lanjut Wabup menjelaskan dengan penyerahan mesin jahit dan bimbingan menggunakan mesin jahit ini, semoga akan bermanfaat buat kepentingan masyarakat pada umumnya dan kepentingan keluarga lebih khusus bagi penerima mesin jahit yang ada di kampung yang berjumlah 30 unit. Kita harap bahwa mesin jahit ini bisa betul-betul dimanfaatkan sebaik-baiknya dan dipelihara sehingga bisa bermanfaat untuk jangka yang panjang.

“Dengan keahlian dan peralatan yang dibagi mudah-mudahan dapat menggerakkan ekonomi baik itu  ekonomi untuk keluarga dan ekonomi masyarakat yang ada di Kampung Amazu”, ujar Wabup.

Dengan adanya mesin jahit mama-mama tinggal menyiapkan bahan untuk pembuatan masker atau pembuatan baju seragam untuk anak sekolah sehingga secara ekonomi akan lebih murah daripada masyarakat harus membeli yang jadi di toko atau di kios-kios.

Wakil Bupati menjelaskan mesin jahit ini bersumber dari Dana Otsus, harapan kami dana otsus selama ini diarahkan untuk kepentingan orang asli Papua betul-betul punya manfaat secara ekonomi, manfaat untuk pemberdayaan orang asli Papua, bermanfaat bagi kualitas pelayanan dasar pendidikan dan kesehatan dan juga peningkatan ekonomi masyarakat orang asli Papua lebih khusus untuk orang asli Mappi. Harapan saya, kegiatan-kegiatan penyerahan alat apapun, peralatan yang dibagi dan juga pelatihan-pelatihan dan bimbingan serta pendampingan itu betul-betul punya manfaat dan keberhasilan dalam mengelola Dana Otsus. Usai membuka kegiatan Wakil Bupati didampingi Verdinanda Genoveva, S.STP., Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Mappi secara simbolis menyerahkan bantuan berupa mesin jahit kepada 2 orang perwakilan masyarakat Kampung Amazu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *