Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mappi

MAPPI – Guna meninjau lokasi pembangunan Kodim Mappi, Rabu 4 November 2020 Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Mappi. Turut dalam rombongan, Danrem 174 Merauke Brigjen TNI Bangun Nawoko, Dandim 1707/Merauke Letkol Inf Eka Ganta Chandra. Kedatangan Pangdam beserta rombongan di Bandara Kepi disambut oleh Bupati Mappi, Wakil Bupati Mappi, Perwira Penghubung Kodim 1707/Merauke di Kepi, Danramil 1707-07/Kepi, Kapolres Mappi dan para kepala SKPD di lingkungan Pemda Mappi. Setelah beristirahat sejenak di ruang VIP Bandara Kepi, Pangdam bersama rombongan langsung melanjutkan perjalanan ke lokasi rencana pembangunan Kodim Mappi di Waemeaman/Kampung Magabag Distrik Nambioman Bapai yang berjarak kurang lebih 30 km dari Kepi.

Usai meninjau lokasi pembangunan Kodim Mappi, Pangdam bersama rombongan kembali ke Kepi untuk melakukan pertemuan dengan Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama dan masyarakat Mappi yang dilaksanakan di Qhaindau Uri Jl. Bawape Kepi. Dalam sambutannya, Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu mengatakan pertemuan kita kali ini merupakan tindak lanjut pertemuan saya beberapa waktu lalu dalam perjalanan dinas kami ke Jakarta membawa Masyarakat Mappi dan juga melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dalam fungsi pelayanan kepada masyarakat, karena keterbatasan pembiayaan, maka kami harus melakukan komunikasi secara cepat dalam kondisi Covid-19, dan mengambil keputusan walaupun dengan penuh resiko untuk bagaimana melaksanakan salah satu amanat dari apa yang telah dipercayakan masyarakat kepada kami untuk bekerja melayani dan membangun daerah ini. Bupati menegaskan kepercayaan itulah yang mendorong kami untuk pergi menyampaikan semua rencana kebutuhan Kabupaten Mappi yang kebetulan pada tahun ini karena Covid-19 sebagian kegiatan kami tertunda dan harus melakukan reposisi anggaran untuk pengembalian ke Jakarta(Pusat) dalam rangka pelaksanaan penanganan Covid-19.

“Kami berharap untuk menutupi proses kondisi tahun ini kegiatan yang tertunda kami harus mengkomunikasikan guna mendapatkan dukungan pusat untuk tahun 2021, 2022 hingga tahun 2024 sesuai dengan ruang yang kami minta kepada Kementerian PPN/Bappenas dan kita presentasikan seluruh kebutuhan kita dan alhamdulillah semuanya akan ditindaklanjuti”, ujar Bupati.

Khusus untuk acara hari ini setelah kami berkomunikasi dengan bapak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto lalu kami lanjutkan ke bapak Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa. Agar lebih nyata lagi sebelum pulang ke sini, maka saya singgah ke Jayapura untuk bertemu bapak Pangdam untuk bisa menyampaikan tindak lanjut pembicaraan saya dengan bapak Kasad. Puji syukur dengan hati yang tulus ikhlas bapak Pangdam dengan begitu cepat meminta untuk bisa berkunjung ke Mappi, dan kemudian saya tindak lanjuti ke bapak Danrem dan bapak Dandim dan hari ini acara bisa terlaksana dengan baik.

Ada beberapa hal yang saya sampaikan kepada bapak Kasad, yang pertama saya minta bahwa Kodim Mappi bisa menjadi kodim yang definitif karena kami Pemda Mappi belum lengkap ketika unsur pemerintah vertikal belum ada di Mappi, salah satunya adalah teman-teman dari unsur TNI karena selama ini kami berjalan dengan teman-teman kepolisian karena sudah ada polres, kita harapkan ke depan TNI ada Kodim juga ada Kejaksaan dan Pengadilan Negeri, ada Kantor Pertanahan dan kantor vertikal lainya secara mandiri harus ada di Mappi.

Itulah upaya-upaya untuk pembangunan di daerah ini sekaligus memberikan ruang kepada anak-anak kami untuk diberikan kesempatan kepada institusi-institusi yang sudah kami komunikasikan dan berkaitan dengan kantor, bapak Kasad menyetujui.

Di tempat yang sama Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab dalam sambutannya mengatakan tadi sudah disampaikan oleh bapak Bupati bahwa kedatangan kami kesini untuk melihat sepuluh, dua puluh bahkan tiga puluh tahun ke depan bagaimana pemuda-pemuda Mappi untuk berkiprah di wilayah Papua berkiprah di wilayah nasional bahkan ke tingkat internasional untuk membangun daerah ini.

Pangdam menjelaskan saya datang ke sini bersama unsur-unsur pembantu pendukung di Kodam Cendrawasih, ada Asisten Perencanaan, Asisten Logistik Kasdam XVII/Cenderawasih, Kepala Penerangan Kodam XVII/Cenderawasih Letkol Arm Reza Nur. P, Danrem juga ada Dandim dan kita tidak terlepas dari mitra Kepolisian dan juga Pemerintah Daerah.

Sesuai dengan undang-undang, Operasi militer selain perang, kita dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, di pasal 7 ayat (2) ada 14 item tapi ada 2 item yang saya garis bawahi, yang pertama kami dari unsur TNI membantu tugas pemerintahan di daerah, yang kedua membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia, sehingga kami selalu bersinergi baik dengan Pemerintah Daerah maupun dengan jajaran Kepolisian untuk membangun daerah di wilayah tanggung jawab Kodam XVII/Cenderawasih.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada bapak Bupati dan jajarannya juga kepada tokoh-tokoh adat dan juga kepada seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Mappi yang telah menyambut kami dengan luar biasa hingga tadi bisa bersama-sama melihat tempat untuk pembangunan Kodim”, ungkap Pangdam.

Pangdam XVII/Cenderawasih berharap agar seluruh masyarakat di Kabupaten Mappi tetap belajar dan terus belajar agar tidak ketinggalan oleh saudara-saudaranya yang sudah maju terlebih dahulu. “Semoga TNI AD akan terus menjaga keamanan khususnya di Kabupaten Mappi”, pungkas Beliau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *