Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020

MAPPI – Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. Senin 2 November 2020 menghadiri Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang diselenggarakan oleh Pengurus Kesejahteraan Masjid (PKM) Masjid Al-Ikhlas Km. 7 Kepi. Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW kali ini mengambil tema “Dengan Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Kita Bersabar Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Corona Sebagai Ujian Peningkatan Kualitas Keimanan Kepada Allah SWT”. Maulid Nabi Muhammad SAW tahun ini diperingati di tengah badai pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia. Pandemi telah berdampak pada seluruh dimensi kehidupan, sekaligus menguji kesabaran kita sebagai insan beriman.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Mappi mengatakan kegiatan peringatan hari-hari besar Islam lebih khusus lagi Maulid saya harap ada hikmah yang bisa kita aktualisasikan dan kita praktekkan dalam kehidupan kita sehari-hari baik itu di dalam rumah tangga, rumah tangga dengan tetangga dan antara tetangga dengan masyarakat di sekitar yang hidup bersama kita. Saya harap semua rangkaian kegiatan ibadah umat Islam bisa berdampak sosial, berdampak ke banyak orang dalam kehidupan kita pada sesama masyarakat, sesama warga negara yang hidup di daerah ini.

“Caranya bagaimana momentum Maulid ini kita pakai sebagai momentum untuk memperbaiki akhlak kita, akhlak kita sebagai manusia dalam lingkup sesama umat Islam”, ujar Wabup.

Lebih lanjut, beliau menjelaskan Peringatan Maulid Muhammad SAW adalah momentum yang baik untuk kita memberikan contoh ataupun mencontohi apa yang telah dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW kepada kita, kepada anak-anak kita, santri-santri kita yang alhamdulillah sekarang cukup banyak dan hampir semua masjid punya santri dan ini merupakan modal besar untuk generasi Islam yang bisa kita bekali dengan akhlak yang baik sehingga mereka pada saat dewasa bisa tahu mana yang baik dan mana yang salah, mana yang boleh dilakukan dan yang mana yang tidak boleh dilakukan, bagaimana kita menghormati orang tua atau orang yang lebih tua dari kita. Tantangan anak kita sekarang ini lebih besar beda dengan anak-anak jaman kita dulu. Dulu ketika ada kejadian-kejadian beberapa hari baru kita tahu, tapi sekarang ini ketika ada kejadian di luar sana, di sini sekarang kita bisa langsung tahu, karena sekarang informasi sangat terbuka apalagi kita di Mappi walaupun internet sangat terbatas tapi jaringan Wi-Fi sudah ada sehingga akan berdampak pada perkembangan jiwa dan akhlak anak-anak kita. Untuk itu saya mengajak kepada kita khususnya kepada orang tua agar bisa menjadi filter untuk anaknya masing-masing. Sebagai orang tua kita harus selalu memberikan semangat karena dampak positif dari anak-anak kita untuk belajar menghafal membaca Al-Qur’an di semua TPQ sangatlah baik untuk akhlak anak kita sehingga walaupun mereka belajar di sekolah umum tapi pelajaran agamanya bisa mereka dapat di masjid. Saya berharap apa yang sudah kita lakukan hari ini dan apa yang selalu kita lakukan setiap hari besar Islam bisa membawa dampak positif kepada kita pribadi, kepada keluarga kita, kepada orang lain yang ada di sekitar kita apalagi dengan saudara-saudara kita yang berkeyakinan lain dengan kita.

“Kita harus bisa hidup rukun dan harmonis sehingga dengan kondisi keamanan dan ketertiban yang kondusif kita bisa membangun daerah kita ini dan bisa beribadah dengan tenang”, tukas Wabup mengakhiri sambutannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *