MAPPI – Komandan Pangkalan Utama TNI AL XI Merauke Brigjen TNI (Mar) Wurjanto, M.Han. beserta rombongan tiba di Bandar Udara Bade dalam rangka melakukan Kunjungan Kerja dan Peresmian Gedung Pos Angkatan Laut (POSAL) di Jl. Edera Kelurahan Bade Distrik Edera Kabupaten Mappi, pada Minggu (21/03/2021).

Dihadiri oleh Wakil Bupati Mappi, Asrena Danlantamal XI, Asintel Danlantamal XI, Dansatrol Lantamal XI, Kadis Faslan Lantamal XI, Wakapolres Mappi, Danki Brimob Mappi, Danposal Bade, Kapolsek Bade, Danramil 1707 Data XI Bade, Danpos Brimob Bade, Danpos Walet Bade, Kepala Distrik Edera, Kepala Kelurahan Bade, Ketua LMA Bade dan Kepala OPD lingkup Pemkab Mappi.

Gedung POSAL tersebut diberi nama Frans Kaisepo, untuk mengenang salah satu nama pahlawan asli Papua. Peresmian gedung didampingi oleh Wakil Bupati Mappi Jaya Ibnu Su’ud, S.T. yang ditandai dengan penandatanganan batu prasasti oleh Danlantamal XI.

Danlantamal XI Merauke Wurjanto, M.Han. dalam sambutannya mengatakan bahwa kunjungan kerja dan peresmian Pos Angkatan Laut yang diberi nama Frans Kaisepo merupakan bentuk penghargaan atas jasa-jasa Beliau sebagai Pahlawan Nasional.

“Peresmian Gedung Frans Kaisepo POSAL Bade merupakan salah satu jawaban untuk masyarakat Distrik Edera Kabupaten Mappi yang mengharapkan adanya keamanan perairan Asiki, Mappi dan Muara Digul”, jelasnya.

POSAL Bade akan terus berusaha semaksimal mungkin untuk mampu melaksanakan tugas pokoknya, mencakup pengamanan wilayah perairan. Ke depannya akan ada rencana pengembangan dari Pos TNI AL (POSAL) menjadi Pangkalan TNI AL (LANAL).

“Rencana pengembangan menjadi LANAL atas dasar tugas dan kewenangan kami sebagai TNI AL untuk menjaga dan memberi rasa aman kepada masyarakat”, ujarnya.

Wurjanto menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat beserta jajarannya, khususnya pemilik tanah yang sudah bersedia melepas lahannya untuk pembangunan Pos Angkatan Laut dan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Mappi dan jajarannya serta masyarakat Distrik Edera terkait bantuan dan kerjasamanya sehingga pembangunan POSAL Bade terlaksana dengan baik dan lancar.

“Diharapkan organisasi yang kami susun dapat berjalan lancar dengan adanya dukungan dari seluruh pemangku kepentingan di Kabupaten Mappi, khususnya Distrik Edera dan Lurah Bade”, ujarnya mengakhiri sambutan.