MAPPI – Gedung baru Puskesmas Daerah Terpencil Perbatasan Kepulauan (DTPK) Bade diresmikan secara langsung oleh Bupati Mappi yang ditandai dengan pengguntingan pita pada Kamis (15/04/2021), bertempat di Bade, Distrik Edera, Kabupaten Mappi.

Dihadiri oleh Anggota DPRD Kabupaten Mappi, Kapolres Mappi, Perwira Penghubung Kodim 1707/Merauke di Kepi, Danki Brimob, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mappi, para Kepala OPD Kabupaten Mappi, Kapolsek Edera, Danramil, Danpos TNI AL, Danpos Raider, para Kepala Distrik, Lurah Bade, Kepala Kampung, serta masyarakat wilayah Bade.

Setelah pengguntingan pita, acara dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti, pemberkatan gedung, pemotongan tumpeng, dan pemberian piagam penghargaan pengabdian kepada Kepala Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mappi dr. Ronny Herry Tombokan menjelaskan pembangunan Puskesmas DTPK merupakan salah satu perwujudan dari nawacita presiden yaitu mewujudkan pembangunan dari pinggiran dan peningkatan kualitas hidup masyarakat lewat pembangunan kesehatan. Puskesmas ini sudah disesuaikan dengan prototipe yang sudah disyaratkan oleh kementerian baik dari sisi luasan, kebutuhan ruangan, model, bahan bangunan, serta sarana pendukungnya seperti sarana penerangan, transportasi, pengelolaan limbah, perumahan tenaga kesehatan, serta alat-alat kesehatan.

“Diharapkan dengan terbangunnya puskesmas beserta sarana dan prasarana pendukungnya, masyarakat distrik yang berada di sekitar wilayah puskesmas bisa mendapatkan pelayanan kesehatan yang lebih baik seperti masyarakat yang berada di daerah yang lebih maju”, ujarnya.

Puskesmas Bade juga akan melakukan re-akreditasi tahun ini, karena hasil yang dicapai pada re-akreditasi pertama tahun 2018 belum maksimal, yaitu mendapat predikat madya. Sesuai dengan roadmap dari Kementerian Kesehatan, maka tahun ini kita berupaya melakukan re-akreditasi karena akreditasi harus dilakukan setiap 3 tahun sekali untuk mempertahankan mutu.

Dalam sambutannya, Bupati Mappi Kristosimus Yohanes Agawemu menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu proses pembangunan puskesmas sehingga dapat diresmikan pada hari ini. Peresmian puskesmas menandakan bahwa seluruh sarana dan prasarana gedung diserahkan untuk selanjutnya digunakan untuk kepentingan pelayanan masyarakat di wilayah ini.

“Terima kasih kepada seluruh masyarakat adat yang sudah ikhlas memberikan dan menyediakan tempat ini untuk pembangunan gedung puskesmas”, ungkapnya.

Seluruh puskesmas di Kabupaten Mappi akan disediakan pula bangunan khusus pelayanan Covid-19. Besaran dan kebutuhan kapasitas tampung akan disesuaikan dengan luas wilayah pelayanan berdasarkan jumlah populasi penduduk. 

“Gedung ini hanyalah sarana, tetapi yang paling diperlukan adalah kualitas pelayanan yang baik kepada masyarakat”, tambahnya.

Sehubungan dengan akan digunakannya gedung ini, maka kami meminta dukungan dari masyarakat sebagai pemilik yang akan menggunakan fasilitas ini untuk menjaga keamanan, kebersihan, dan kenyamanan karena bangunan ini akan memberikan jaminan kesehatan untuk kita semua.

“Dengan menjadi masyarakat yang memahami tentang pola hidup sehat, kita akan membawa masa depan generasi Mappi menjadi lebih baik”, ujar Bupati Mappi menutup sambutannya.